Pendampingan siswa PPS S1 Prancis - 16 Januari 2016

Sabtu, 16 Januari 2016
Prancis

Kegiatan Pendampingan:
Kegiatan pertama dimulai pada pukul 9 pagi dengan breafing kegiatan yang akan dijalani yaitu pengiriman dokumen OFII ke kantor pos yang terletak di samping logement atau tempat tinggal para siswa, sekaligus pengenalan salah satu fasilitas kota, yaitu kantor pos.
OFII adalah kantor pemerintahan di Besançon yang mengeluarkan stempel yang akan diletakkan di dalam paspor siswa/i.
Stempel ini berlaku sebagai surat ijin tinggal yang berlaku selama setahun dan juga sebagai validasi terhadap visa yang sudah diperoleh di Indonesia.
Setelah surat Permohonan OFII dikirimkan, siswa/i akan menerima surat panggilan tes radiologi dan medical check up untuk memastikan kesehatan siswa/i. Setelah melalui proses tersebut, mereka akan mendapatkan stempel OFII dan siswa/i bisa bepergian ke negara2 Schengen.
Kemudian siswabBerfoto bersama di depan kantor pos setelah selesai mengirim semua dokumen OFII.
Dokumen yang dikirim adalah
1. Surat permohonan stempel OFII yang sudah diisi dan di stempel oleh Kedutaan Prancis di Jakarta
2. Fotokopi Paspor
3. Fotokopi visa dan cap masuk negara Perancis pada saat kedatangan di Bandara Charles de Gaul
4. Surat keterangan tempat tinggal
5. Surat keterangan kursus bahasa

Kegiatan pendampingan selanjutnya adalah pembelian kartu transportasi bulanan Ginko yaitu sekitar pukul 10.30 CET. Ginko adalah pengelola sarana transportasi di Besançon. Selain membeli kartu di kantor Ginko, siswa juga diajarkan untuk mengisi ulang saldo di mesin otomatis yang ada hampir di setiap halte tram. Sekaligus mengajarkan juga kepada siswa untuk membaca peta dan jalur tram.
Setelah selesai membeli kartu transportasi, para siswa diajak untuk membeli nomor handphone di salah satu kantor provider telepon di Perancis yaitu SFR dan Bouygues.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama di kebab langganan para alumni Euro di Besançon yaitu Mak Donner. Siswa sangat antusias mencoba makanan baru. Namun ada beberapa siswa yang tidak habis makannya karena porsi yang besar.

Agenda terakhir hari ini adalah belanja bersama di Intermarche, pasar swalayan yang letaknya cukup dekat dengan tempat tinggal. Sekitar 10 menit jalan kaki. Sebelum berbelanja siswa diminta untuk membuat daftar barang yang dibutuhkan agar tidak mengeluarkan banyak uang untuk barang-barang yang tidak penting dan tidak diperlukan. Kegiatan dilakukan dari pukul 16.30 CET sampai dengan pukul 18.00 CET.










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts