INVESTASI SDM DAERAH

INVESTASI SDM DAERAH

Bimo Sasongko
Ketum IABIE
Sekjen IAJ - Ikatan Alumni Jerman
President Director & CEO I Founder Euro Management Indonesia


Diperlukan terobosan untuk mencetak birokrat unggul sejak dini. Pemerintah daerah perlu  investasi sumber daya manusia (SDM) dengan mengirim   lulusan sekolah menengah untuk belajar ke luar negeri dengan beasiswa.

Selama ini pemerintah daerah sudah mengirimkan SDM ke perguruan tinggi dalam negeri seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan   lainnya dengan status ikatan dinas. Karena konvergensi teknologi dan pesatnya kemajuan tata kelola korporasi global, maka perlu juga terobosan dengan mengirimkan putra-putri daerah ke luar negeri.

Pengiriman mahasiswa ke luar negeri  oleh pemerintah daerah merupakan bagian dari investasi SDM yang sangat strategis. Sejarah kebangkitan nasional bangsa-bangsa  dunia juga diwarnai dengan langkah mengirimkan para pemuda ke luar negeri. 

Biaya pemerintah daerah  untuk beasiswa pemuda ke luar negeri  harus dipandang sebagai investasi produktif, tidak semata-mata konsumtif tanpa manfaat balikan atau rate of return. Investasi modal manusia selalu berjangka panjang.

Sejak awal dekade ini, para pembuat kebijakan negara maju, terutama Eropa telah meningkatkan perhatian terhadap mahasiswa internasional.

Banyak negara Eropa memfasilitasi para mahasiswa internasional untuk belajar dan bekerja di industri ternama. Bahkan beberapa tahun belakangan, Uni Eropa telah membuat kebijakan imigrasi yang menjamin kepastian hukum status mahasiswa internasional.

Mereka juga memberi kesempatan luas untuk mengakses lapangan kerja baik selama maupun setelah lulus. Selain itu, juga dibuat skema pencarian kerja pascastudi agar mahasiswa internasional mudah mengakses dunia kerja. Kesempatan ini harusnya ditangkap pemerintah daerah.

#cucitangan #artikel #bersih #covid 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts