PENDAMPINGAN SISWA PPS S1 JERMAN KOTA ANHALT DAY 3

* PENDAMPINGAN SISWA PPS S1 JERMAN ANGKATAN 13 GRUP LEIBNIZ TAHUN 2016 - 2017 *

Köthen - Jerman





Aktivitas pendampingan siswa/i PPS S1 Jerman Angakatan ke 13 Grup Leibniz tahun 2016 - 2017 di kota Köthen Anhalt bersama tim pendamping lapangan dari Jakarta atas nama Dewi Pangestuti: 

Agenda Pendampingan siswa/i antara lain:

1. Pengenalan Fasilitas Tempat olahraga dan Klinik kesehatan

2. Workshop Penjelasan Mengenai Asuransi dan Sharing Alumni

3. Proses Imatrikulasi Studienkolleg

4. Ikut serta acara festival Kothen yang diadakan setiap tahun.

Para siswa briefing dan berdoa pagi bersama tim pendamping lapangan sebelum memulai aktifitas sehari-hari







1. Pengenalan Fasilitas Tempat olahraga dan Klinik kesehatan

Para siswa diperkenalkan dengan sport centre atau gelanggang olahraga bagi para mahasiswa di kota Kothen, mereka sudah mencoba bagaimana serunya bermain futsal di sport centre jadi para mahasiswa tetap bisa berolahraga ditegah kesibukan perkuliahan.




Ini merupakan salah satu rumah sakit yang berada di kota Kothen. Rumah sakit di köthen, bisa ditempuh oleh siswa dari asrama selama 20 menit berjalan kaki.





2. Workshop Penjelasan Mengenai Asuransi dan Sharing Dengan Alumni

Sharing kali ini disampaikan oleh  Alumni Siswi PPS S1 Jerman, angkt. 10, Grup Planck, Thn. 2013/2014. A.n Arum Fajrina Elmahayati (Mahasiswa HTW Berlin, jurusan Teknik Elektro, semester 5). Pada kesempatan kali ini kaka Arum juga memberikan workshop dan menjelaskan mengenai asuransi yang akan digunakan selama masa Studienkolleg.






Dalam Workshop ini dijelaskan mengenai Asuransi yang digunakan siswa, yaitu "Hansemerkur". Asuransi ini merupakan Asuransi Swasta. Biaya Asuransi dibayarkan secara per bulan melalui Autodebet Deutsche Bank sebesar 44€. Masa Asuransi selama masa studienkolleg.

Biaya Asuransi yang dicover, diantaranya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, kecuali perawatan gigi, wajah dan mata. Sistem pembayarannya dengan sistem rembus, uang yang telah dikeluarkan akan diganti oleh pihak asuransi.

Selain itu, dengan asuransi "Hansemerkur", dapat mengcalaim barang/benda yang rusak secara tidak sengaja. Asuransi digunakan dengan menunjukan Polis ke klinik/rumah sakit terdekat.

Saat ini masing-masing siswa sudah mendapatkan surat keterangan/Polis Asuransi 'Hansemerkur'. Asuransi wajib dimiliki setiap  orang di negara Jerman, termasuk pelajar. Dengan demikian Asuransi berpengaruh pada pengurusan Birokrasi di Jerman, seperti perpanjang Visa.






3. Proses Imatrikulasi Studienkolleg

Kegiatan umumnya para siswa melakukan immatrikulasi (daftar ulang), namun karena Euro Managment sudah bekerja sama dengan Studienkolleg HS Anhalt dalam mengadakan ujian Aufnahmetest dan siswa telah lulus Aufnahmetest di Jakarta, maka para siswa tidak perlu mengantri untuk daftar ulang dan siswa langsung mengetahui info pembagian kelas dan info mata pelajaran selama 1 Semester. Masing-masing kelas terdiri dari 25- 26 orang.





4. Ikut serta acara Karnaval Kothe

Para siswa PPS S1 Jerman tahun 2016 -2017 di kota Kothen berkesempatan untuk mengikuti acara karnaval di tengah kota yang biasa diselenggarakan setiap tahunnya di musim dingin.






 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts