5 Universitas Tertua Yang Eksis di Dunia


Oleh :  Erlan Afridho
(Vice Chairman Of Public Relations At Euro Management Indonesia)


Pernah bayangkan bagaimana kondisi terkini universitas sudah berdiri selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun   Selama berabad-abad, banyak universitas tertua di dunia telah digerus dengan semakin ketat nya persaiangan yang muncul dari universitas – universitas baru yang menawarkan banyak program dan fasilitas  yang ditawarkan lebih menarik .

Institusi kuno yang telah bertahan di sekitar tidak hanya penting bagi warisan sejarah mereka, tetapi juga untuk membuktikan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan konteks modern dan tetap relevan di dunia global meskipun ada persaingan yang ketat. Banyak universitas tertua di dunia juga termasuk yang paling bergengsi dan populer, menawarkan campuran kaya warisan sejarah dan pandangan kontemporer.

Beberapa universitas tertua di dunia juga menjejerakan ke eksisan namanya di QS Rankings. Eropa merupakan mayoritas dari universitas tertua di dunia yang tetap eksis bahkan namanya melejit di dunia. Ini lah momentum untuk mereview beberapa univesitas di dunia termasuk me”LIST” kan universitas yang dapat kamu jadikan rekomendasi termasuk dari universitas – universitas tertua di dunia .

Berikut Universitas tertua di dunia yang memiliki peringkat internasional yang tinggi :

1.  Universitas Bolgna
      Lokasi: Italia
      Didirikan pada: 1088

Universitas Bologna didirikan pada 1088 dan, setelah tidak pernah keluar dari operasi, memegang gelar universitas tertua di dunia. Sampai waktu yang relatif modern, universitas hanya diajarkan studi doktor, tetapi hari ini memiliki beragam program di semua tingkatan.

Terletak di Bologna, Italia, ia memiliki pendaftaran sekitar 84.200 siswa, dimana 30.000 adalah mahasiswa pascasarjana. Alumni terkenal termasuk tiga paus, banyak pengusaha dan beberapa politisi Italia. University of Bologna berada di peringkat ke-180 di QS World University Rankings 2019.


2.  Universitas Oxford
     Lokasi: Inggris Raya
     Didirikan pada: 1096-1167

Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota OxfordInggrisUniversitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi.

Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford. Universitas ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya, dan menjadi salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.



3. Universitas Salamanca
    Lokasi: Spanyol
    Didirikan pada: 1134

Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1134 dan diberi Piagam Kerajaan pada tahun 1218, menjadikannya lembaga tertua di Spanyol, setelah Universitas Palencia yang sekarang sudah tidak aktif.

Terletak di sebelah barat Madrid, itu adalah lembaga di mana Christopher Columbus membuat kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan untuk ekspedisi Hindia pada akhir abad ke-15.
University of Salamanca memiliki peringkat di kisaran 591-600 * dari QS World University Rankings 2019 dan melayani lebih dari 30.000 siswa di sembilan kampus.

4.  Universitas Sorbonne
     Lokasi: Prancis
     Didirikan pada: 1160-1250

Didirikan antara 1160 dan 1250 di ibukota Perancis, Universitas Paris, sering dikenal sebagai 'la Sorbonne', dikenal sebagai salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa, meskipun diskors dari beroperasi antara 1793 dan 1896, mengikuti Revolusi Perancis.

Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota, yang telah dibagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970, yang semuanya mempertahankan reputasi tinggi dari universitas asli. Dari 13 ini, peringkat tertinggi adalah Sorbonne University (penggabungan baru Universitas Paris-Sorbonne dan Pierre dan Marie Curie University, peringkat 75 bersama di dunia) dan Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne (bersama 299).

5.  Universitas Cambridge
     Lokasi: Inggris
     Didirikan pada: 1209

Didirikan pada tahun 1209 oleh sekelompok cendekiawan yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik politik, Universitas Cambridge sekarang menduduki peringkat keenam di dunia.

Berbagi banyak tradisi umum, Oxford dan Cambridge mempertahankan rasa persaingan yang sehat, yang datang ke kepala dalam acara Perahu Balap tahunan yang terkenal. Cambridge memiliki sekitar 21.600 siswa, dimana 4.100 berasal dari luar Uni Eropa.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts