6 BAHASA RESMI PBB YANG TIDAK SEMUA ORANG TAHU


Oleh : Erlan Afridho

Teman-teman pasti sudah tahu tentang PBB, eits bukan PBB (Pasukan Baris Berbaris) yang sering di lakukan oleh tim Paskbira di sekolah yah…  

Oke yuk kita sedikit ulas kembali apa sih itu PBB ?
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBBbahasa Inggris
United Nations, disingkat UN) adalah organisasi internasionalyang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota; saat ini terdapat 193 anggota.
 Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa terletak di New YorkAmerika Serikat, dan memiliki hak ekstrateritorialitas. Tujuan utama PBB adalah (1) menjaga perdamaian dan keamanan dunia, (2) memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia, (3) membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan, (4) menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia, dan (5) menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Nah itu sekilas tentang PBB, Negara kita juga termasuk negara anggota PBB dan awal bergabung pada 28 September 1950. melaksanakan tanggung jawabnya sebagai negara anggota dari PBB.
Tapi bukan berarti bahasa kita salah satu bahasa resmi di PBB karena memiliki jumlah penduduk yang banyak . Ternyata bahasa  ArabTionghoaInggrisPerancisRusia, dan Spanyol adalah enam bahasa resmi  PBB. Bahasa resmi tersebut digunakan dalam pertemuan antar pemerintah, dan pembuatan dokumen-dokumen.

Dewan Keamanan menggunakan dua bahasa kerja, bahasa Inggris, dan Perancis, sedangkan Majelis Umum menggunakan tiga bahasa kerja, bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol. Empat dari bahasa resmi adalah bahasa nasional dari anggota tetap Dewan Keamanan (Britania Raya, dan Amerika Serikat masing-masing menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi secara de facto), Spanyol, dan Arab adalah bahasa dari dua blok terbesar bahasa resmi di luar dari anggota permanen (Spanyol merupakan bahasa resmi di 20 negara, sedangkan Arab di 26 negara



Lima dari bahasa resmi dipilih ketika PBB didirikan; Arab ditambahkan kemudian pada tahun 1973. Editorial PBB Manual menyatakan bahwa standar untuk dokumen-dokumen bahasa Inggris adalah menggunakan Bahasa Inggris dari Inggris (British-English) dalam Ejaan Oxford, Standar penulisan Bahasa Tionghoa menggunakan Hanzi sederhana, sebelumnya menggunakan Hanzi tradisional sampai pada tahun 1971 ketika representasi PBB untuk "Tiongkok" berubah dari Republik Tiongkok ke Republik Rakyat Tiongkok.

Untuk kalian yang mau berkecimplung di PBB sepertinya harus mulai punya kemampuan salah satu bahkan 6 bahasa resmi PBB tersebut. Studi di  luar negeri dengan bahasa  ArabTionghoaInggrisPerancisRusia, dan Spanyol pilihan yang tepat untuk kamu .  6 Bahasa tersebut dapat kamu pelajari di satu tempat yaitu di Euro Management Indonesia

So, Ayoo studi di luar negeri …  !!!!

Kini lebih mudah studi ke luar negeri dengan berbagai pilihan jurusan & universitas di lebih dari 25 negara maju dunia. Euro Management Indonesia terus meningkatkan layanan kepada para siswa dan calon orang tua siswa untuk melanjutkan studi nya baik S1, S2, dan S3 di lebih dari 25 Negara Maju Dunia seperti :
Jerman, Prancis, Inggris, Irlandia,Belanda, Swiss, Austria, Norwegia, Finlandia, Swedia, Denmark, Spanyol, Italia, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand , Jepang, Cina, Korea Selatan, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, EUA, Turki, Malaysia & Singapore.
Catch your Dream and Lets Study Worldwide

Sumber : Wikepedia, KiniBIsa



Share:

2 komentar:

  1. sangat menyenangkan menguasai 6 bahasa asing yang merupakan bahasa resmi di PBB

    BalasHapus
  2. smoga saya bisa menguasai salah satu bahasa resmi PBB tersebut.

    BalasHapus

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts