Gamers ?? YUK MENGENAL JURUSAN KULIAH GAME DESIGN DI LUAR NEGERI

Oleh :  Erlan Afridho
(Vice Chairman Of Public Relations At Euro Management Indonesia)

Nge-game adalah Pilihan yang menyenangkan !!!
Stigma muncul di kalangam masyarakat kita kalau Nge-
game hanya  sebatas menjadi pengusaha rental PS, OP warnet game online,  atau apaa?
Kalian bisa jadi seseorang yang bisa kerja di dunia game, kayak jadi game developer, game designer dll.
Caranya gimana? Ya kuliaah laah..!!

Gamers di dunia bukan hanya di dominasi oleh anak anak saja, ternyata banyak juga gamers di dunia berusia remaja, dewasa hingga orang tua. Jaman telah berubah, game tidak lagi identik dengan mainan anak-anak
. Sektor hiburan khususnya game memiliki perkembangan yang sangat cepat, oleh karena itu para game designer sangat dibutuhkan di industri tersebut.

Ayoo gamers mungkin ini membuka peluang baru untuk anda mengubah hobimu menjadi karir yang cemerlang? Jika kamu telah tamat SMA dan memiliki dasar dalam ilmu komputer, kamu bisa mendaftar untuk program S1 Game Design, yang bisa kamu lanjutkan ke program S2 jika perlu.

Di jenjang S1, mahasiswa akan diajak untuk memantapkan ilmu komputer, dan juga mempelajari cara membuat game, mulai dari desain visual, animasi komputer, programming video game, arsitektur perangkat keras, kemudian memasuki pengenalan game design dan dilanjutkan dengan game design tahap menengah. Biasanya 2 semester terakhir akan diisi dengan proyek akhir.

Di jenjang S2, mahasiswa akan mempelajari tentang grafik yang lebih canggih, teknologi animasi, serta prinsip desain media interaktif, metodologi pengembangan produk dan kewirausahaan teknik. Program gelar ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk posisi kerja yang membutuhkan keahlian multidisipliner seperti desainer, animator teknikal, dan programmer game.


Mahasiswa juga akan belajar hal spesifik lainnya melalui mata kuliah yang lebih spesifik, misalnya dasar desain, teknologi, proses pembuatan game digital, sejarah, dampak sosial dari game, serta bisnis game.

Tidak hanya itu, di sepanjang perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan juga cara berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu proyek, yang bisa mereka jadikan protofolio/hasil karya. Program-program yang bersangkutan juga akan diajarkan, misalnya struktur data, C++ dan Java.

Lalu Kuliah Game Design Dimana?


Abertay University di Dundee, Skotlandia adalah universitas pertama di dunia yang menawarkan program kuliah penuh untuk jurusan Game Design. Saat ini beberapa universitas yang terkenal akan jurusan game design tersebar di Amerika, Inggris, Australia, Swedia, Kanada dan Singapura. Mereka adalah:

·         Algoma University
·         University in Chengdu, Sichuan province, China
·         DePaul University
·         Penn Computer and Information Science
·         Michigan State University
·         Informatics Academy
·         Anglia Ruskin University

Seeorang game designer harus mengerti seni/estetika, programming, manajemen proyek, budaya, bahasa, desain suara/musik, menyusun cerita, membangun karakter/tokoh dalam game.  

Kreatifitas, coding dan kesabaran haruslah dimiliki oleh seorang game designer. Kerja keras selama berbulan-bulan bisa saja sia-sia jika hasil akhir produk tidak memuaskan, atau tidak sesuai dengan permintaan klien. Oleh karena itu, seorang game designer harus selalu mempelajari hal baru, mengikuti perkembangan terbaru dan selalu kreatif.  



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts