Universitas di Inggris

Beberapa Universitas di Inggris

1. University of Cambridge
University of Cambridge adalah pecahan dari University of Oxford. Konon, pada tahun 1209, beberapa sarjana kabur dari Oxford setelah bertengkar karena sebuah permasalahan dengan penduduk di sekitar Oxford. Perhimpunan sarjana yang kabur ke kota Cambridge tersebut akhirnya mendirikan University of Cambridge pada tahun 1209. Sama seperti Oxford, universitas of Cambridge pun juga mampu menjadi universitas yang bergengsi di Britania Raya, bahkan dunia. Ketatnya persaingan antara University of Oxford dan University of Cambridge, membuat masyarakat sering menjulukinya dengan Oxbridge.

2. University College London (UCL)
University College London (UCL) adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di Bloomsbury, London, Inggris. Universitas ini merupakan perguruan tinggi terbesar dan tertua di London. Berawal pada tahun 1826, universitas ini dahulunya bernama Universitas London, didirikan sebagai lembaga pendidikan yang sekuler, untuk menerima mahasiswa secara bebas tanpa memandang agama ataupun gender.

3. Imperial College London
Imperial College London terletak di London, Inggris. Universitas ini memiliki fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Dengan latar belakang kedokterannya, Imperial College London juga mengoprasikan Lee Kong Chian School of Medicine di Singapura dan bermitra dengan Nanyang Technological University.

4. University of Oxford
University of Oxford adalah perguruan tinggi tertua di Inggris. Letak perguruan tinggi ini tentu berada di kota Oxford, Inggris. Universitas ini telah berdiri sejak abad ke – 11, meskipun tanggal tepat berdirinya universitas ini tidak diketahui secara pasti. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Britania Raya, dengan 11 juta koleksi buku yang ada di dalamnya.

5. University of Edinburgh
Berdiri sejak tahun 1583, University of Edinburgh adalah universitas tertua keenam di dunia. Universitas ini pun menjadi universitas dengan bangunan antik di Skotlandia. Universitas ini memiliki tiga jurusan besar yang masih dibagi kembali menjadi program studi yang banyak. Jurusan besar tersebut antara lain Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.

6. King’s College London
King’s College London yang lebih dikenal dengan sebutan KCL, adalah universitas riset publik yang terletak di London, Inggris. Universitas ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington tahun 1829. Kampus KCL berpusat di London, dan menjadi salah satu pusat pendidikan terbesar untuk sarjana dan pasca sarjana medis serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa.

7. University of Bristol
University of Bristol adalah sebuah universitas yang terletak di Bristol, Inggris. Berdiri sejak tahun 1876, University of Bristol memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Kesenian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

8. The University of Manchester
The University of Manchester adalah sebuah universitas yang terletak di kota Manchester, Inggris. Universitas ini merupakan gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Universitas ini juga membawahi beberapa aset budaya besar di Inggris, antara lain Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory.

9. University of Glasgow
University of Glasgow adalah universitas tertua keemapt di dunia yang berbahasa Inggris. Didirikan pada tahun 1451, University of Glasgow semakin mengepakkan sayapnya di dunia akademik.

10. University of Birmingham
University of Birmingham adalah universitas dengan bangunannya yang unik, yang terlihat berupa bangunan bata merah. Universitas ini terletak di kota Birmingham, Inggris. Universitas ini memiliki beberapa departemen, antara lain Departemen Seni dan Hukum, Departemen Ilmu Fisika dan Teknik, Departemen Ilmu Lingkungan Hidup, Departemen Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Departemen Ilmu Pengetahuan Alam dan Seni Liberal, serta Departemen Ilmu Sosial.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular

Euro Management Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

@euro.management

Pengikut

Statistik Pengunjung

Blog Archive

Adbox

Arsip Blog

Recent Posts